Konferensi Pers adalah kegiatan mengundang wartawan untuk berdialog, dengan materi yang telah disiapkan secara matang oleh Public Relations Officer (Pejabat PR).
-Sasaran pertemuan dalam Konferensi Pers diharapkan dapat dimuat dalam media massa (cetak, elektronik atau on line) dari wartawan yang diundang.
Tujuan Konferensi Pers:
-Menyebarkan informasi positif pada publik.
-Menetralisir berita atau membatah berita yang tidak benar atau negatif tentang perusahaan atau manajemen.
-Meningkatkan citra (company image atau product/brand image).
-Membina hubungan secara langsung dengan Pers.
Persiapan Konferensi Pers:
-Kirimkan undangan kepada redaksi minimal tiga hari sebelum konferensi pers berlangsung.
-Cek kembali undangan yang sudah dikirimkan.
-Membuat News Release/Press Release yang ingin disampaikan dalam Konferensi Pers.
-Menunjuk juru bicara dalam Konferensi Pers, yang mengetahui permasalahan yang akan dibahas. Biasanya terdiri dari beberapa orang yang sesuai dengan bidang masing-masing dan satu sama lain saling menunjang.
-Menyiapkan tempat pertemuan sesuai dengan jumlah yang diundang dan tuan rumah.
-Lengkapi dengan LCD Projector, OHP dalam pertemuan itu.
-Jika Konferensi Pers sebelum atau sesudah makan siang, siapkan makanan kecil dan minumannya.
-Sediakan sovenir (kalau ada).
-Buat daftar hadir/buku tamu, khusus bagi wartawan ketika baru datang.
-Lama dan jalannya Konferensi Pers diatur secara ringkas, padat, jelas, dan terarah, agar waktu tidak terbuang, mengingat masih banyaknya tugas wartawan yang lain.
-Bila ada wartawan dalam Konferensi Pers bertanya di luar konteks, perlu dijawab bila tidak akan menimbulkan citra negatif pada perusahaan atau ditolak secara halus.
-Bila ada wartawan tak diundang, datang ke konferensi pers atau di bawa temannya yang diundang, tetap saja layani dan terima baik-baik
Sikap dan perilaku menghadapi Pers:
-Selalu bersedia menerima dan menampung dahulu apa yang wartawan inginkan.
-Tidak ragu, curiga atau takut, kendati ada masalah di perusahaan yang bisa menjadi konsumsi pers.
-bersikap dan berperilaku wajar dan ramah.
-Melayani dengan komunikatif dan informatif.
-Bila dalam perusahaan ada kasus, perlu terapkan prinsip bahwa segala permasalahan dapat dicari pemecahannya dan hadapi dengan sikap tenang.
Syarat-syarat Penyelenggaraan Konferensi Pers:
-Tujuan, alasan mengapa Konferensi Pers diadakan.
-Tanggal pelaksanaan, memilih tanggal yang tepat.
-Tempat penyelenggaraan.
-Daftar tamu
-Undangan
-Identitas tamu
-Paket pers, segala informasi yang akan disampaikan.
-Konsumsi
-kenang-kenangan
-Pengelolaan acara.
Boleh tau sumbernya dari buku apa ?
BalasHapus