Jumat, 15 Juli 2011

Brand Positioning Polytron and Toshiba


Brand Management

Brand Positioning
POLYTRON dan TOSHIBA

POLYTRON

Brief Background
Produk Polytron yang berkualitas namun memiliki harga yang terjangkau dan sesuai bagi kalangan ekonomi menengah yang ada di Indonesia, itu sebabnya Polytron dibangun dan mencoba memasuki pasar dan dapat bersaing dengan kompetitor yang berasal dari mancanegara.

SEJARAH
Sejarah Polytron dimulai pada tanggal 16 Mei 1975, saat pemilik pabrik rokok PT Djarum Kudus mendirikan perusahaan dengan nama PT Indonesia Electronic dan Engineering dengan penyertaan modal sebesar Rp. 50 juta untuk memproduksi barang elektronika. Sebagai industri rokok yang berekspansi ke industri elektronika, sejak awal pemilik perusahaan tidak mau melibatkan pihak maupun modal asing. Sejak berdiri perusahaan ini tidak memiliki prinsipal sehingga tidak harus membayar royalti pada setiap produk yang dihasilkan. Didatangkanlah komponen-komponen elektronika dari Singapura sebagai bahan training karyawan.

Setelah cukup belajarnya, pada tahun 1977 pabrik di Kudus ini mulai mendatangkan komponen dari Belgia untuk memulai proses alih teknologi. Diluncurkanlah produk televisi pertama mereka dengan merek Polytron. Tapi televisi pertama mereka ini gagal di pasaran karena ukuran televisinya yang besar dan masih memerlukan kotak speaker sehingga tidak menarik pembeli yang ingin produk yang praktis. Di sinilah pabrik ini mengalami kegagalan dalam pemasaran. Tapi mereka bersedia menjalani masa-masa sulit itu sebagai kesempatan untuk belajar.

Dari teknologi Eropa mereka beralih ke teknologi Hongkong. Dari komponen-komponen yang diimpor dari Hongkong mereka meluncurkan televisi hitam putih 20 inchi. Saat itu pula mereka membuka lembaga riset dan pengembangan sendiri. Alih teknologi televisi juga didapat dari kerjasama mereka dengan perusahaan televisi Salora dari Finlandia (saat ini bernama Nokia).
Nama perusahaan kemudian berubah dari PT Indonesia Electronic dan Engineering menjadi PT Hartono Istana Electronics, dan di tahun 2000 berubah lagi menjadi PT Hartono Istana Teknologi.

Building the brand essence

1978:
  • Assembling TV Black & White 20” dengan merek dagang POLYTRON dan tahun 1979 Assembling TV color POLYTRON 22”
    dan 26”. Di tahun 1979 juga
  • mendirikan RESEARCH and DEVELOPMENT DEPARTMENT yang membuat PT. HARTONO ISTANA TEKNOLOGI menjadi
    manufacturer “self design product”
1981:
  • Teknologi hemat energi (40 watt) untuk TV Warna 17”, 20”, 26” yang menjadikan merk POLYTRON lebih dikenal
    masyarakat Indonesia.
1984:
  • Produksi self design TV Warna Hemat Energi 14”, 18” dan 20” AC/ DC
1985:
  • Meluncurkan self design Audio Music Center dengan nama “Big Band”
1986:
  • TV Warna self design “Black Beauty” series.
  • Parabolic Antenna lengkap dengan Satelite Receiver hasil self design
  • Memasarkan Merk dagang DIGITEC untuk memperluas pangsa pasar
1990:
  • Market Share produk-produk TV warna dan Audio menjadi No. 1 di
    Indonesia
  • POLYTRON generasi “Grand Master”. * DIGITEC generasi “Ninja”
1993:
  • Mengembangkan generasi baru antara lain Compo Grand Bazzoke
1999:
  • Sertifikasi ISO 9001 - 2000
  • ISO 9001 Design & manufacture of Television & home audio products & Appliance
  • Sertifikat Akreditasi Laboratorium uji PT. Hartono Istana Teknologi dari Komite Akreditasi Nasional
2001:
  • TV Warna dengan Zeppelin Speaker Technology (patented)
2002:
  • Indonesia Best Brand Award as the most valuable brand in Radio/ Cassette Player Category. MARS & SWA
2003:
  • Gold Award of Indonesia good design selection. POLYTRON/ thermobox PHC 230 as the best product of the selected
    product for electronic Home Appliance Category
  • Gold Award of Indonesia good design selection. POLYTRON/ beo 1900 as the best product of the selected product for
    Audio Visual Entertainment Equipment Category
  • Museum Rekor Indonesia atas Pemrakasa dan Pembuat kulkas pertama yang memiliki 2 (dua) fungsi sebagai
    pendingin dan penghangat
2004:
  • Indonesia Best Brand Award as the most valuable brand in Radio/ Cassette Player category. MARS & SWA
  • Indonesia Best Brand Award as the Best Indonesian Brand in Electronic Category
  • The Best in Achieving total Customer Satisfaction Category Audio (Radio Cassette/ Mini Compo). SWA & Frontier
  • Gold Award of Indonesia Good Design Selection 2004. POLYTRON Grandweich
  • GV 702 as the best of the selected product for Audio Video Entertainment Category. Pusat Design Nasional & IGDS
2005:
  • Sampai dengan tahun 2005, sudah 21 paten Indonesia, Canada dan USA yang Dihasilkan
2006:
  • The Best Seller 2005 for Audio Home System. GFK Certified Indonesia
  • The Best Seller 2005 for Radio Recorders. GFK Certified Indonesia
  • Innovation Awards for Home Theatre Television. SWA & MARS
  • Gold Award of Indonesia good design selection. Indonesia Good Design 2006 for Mini Slim Compo. Pusat Desain Nasional
  • Indonesia Customer Satisfaction Award for Radio Cassette Category. SWA & MARS
  • SCSI Award for Audio Radio Cassette Category. SoloPos
  • Anugerah Produk Terbaik Kategori Elektronik
  • Anugerah Adi Produk Terbaik Asli Indonesia
  • Anugerah Perusahaan Paling Berjasa Dalam Pengembangan Teknologi
2007:
  • Top Brand Award. Merek yang meraih posisi puncak selama 8 tahun berdasarkan criteria mind share, market
    share & commitment share yang dilakukan oleh Frontier Consulting bekerjasama dengan majalah Marketing
  • Innovation Marketing Award & International Marketing Award dari Majalah Marketing
  • The Best Seller 2006 for Radio Cassette Recorders. GFK Certified Indonesia
  • Indonesia Customer Satisfaction Award. SWA & MARS
  • SCSI Award for Audio Radio Cassette Category. SoloPos
  • Gold Award of Indonesia good design selection. Indonesia Good Design 2007 for DVD Player 2132
  • Gold Award of Indonesia good design selection. Indonesia Good Design 2007 for Polytron Dispenser PWD107
  • Sertifikasi ISO 14001
  • Sertifikasi OHSAS 18001
  • Anugerah Perusahaan Paling Berjasa Dalam Pengembangan Teknologi
2008:
  • Anugerah Industri Indonesia
  • Ozon Award, atas dedikasi dan kontribusi dalam penghapusan Bahan Perusak Ozon terhadap penanggulangan perubahan
    iklam dari Kementrian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia
  • The Best Seller 2007 for Radio Cassette Recorders. GFK Certified Indonesia
  • The Best Innovation In Marketing Award dari majalah Marketing
  • Solo Best Brand Index sebagai merek terbaik kategori radio tape dari SoloPos
  • Golden Indonesians Custumer Satisfaction Award, for its sustained success and contiued
    achievement of ICSA in 5 tear (2004-2008)
  • Indonesia Platinum Award as the Best Indonesian Brand in Electronic Categori
  • Superbrands 
2009:
  • Solo Best Brand Index, sebagai merek terbaik ketegori radio tape, dari SoloPos
  • Top Brand Award
  • Indonesia Best Brand Award & Indonesia Platimun Award
  • Indonesia Custumer Satisfaction Award 
  • Excellent Brand Award. TATV Solo 
2010:
  • Top Brand Award for Audio & DVD Player
  • The Best Seller 2009 for Radio Cassette Recorders. GfK Certified Indonesia
  • Solo Best Brand Index, sebagai merek terbaik kategori radio tape & TV
  • Greatest Brand of The Decade 2010, Netizen’s Choice & Editor’s Choice
  • Indonesia Best Brand Award for DVD Player
  • Indonesia Best Brand Award Platinum for Radio Tape
  • Indonesian Customer Satisfaction Award for Audio & TV
  • Excellent Brand Award for Audio & TV
  • Rekor Bisnis – Produsen Elektronik Indonesia yang paling inovatif dalam pengembangan Produk dan Teknologi







 PROFIL
Daftar Produk
Hifi, home theater, compo, speaker, amplifier, LCD TV, televisi, DVB-t receiver, DVD, referigrator, AC, mesin cuci, dispenser, freezer, show case.
Tag Line
MEMANG CANGGIH
Tag Line baru mencerminkan misi & visi perusahaan yang selalu berkomitmen untuk meraih dan menjaga prestasi terbaik, untuk membuat dan memasarkan produk elektronik berteknologi tinggi dan canggih dengan desain yang bercita rasa seni tinggi serta kualitas performansi yang luar biasa untuk memuaskan konsumen setianya.
Dengan Tag Line baru ini diharapkan dapat meningkatkan citra positif Polytron sebagai satu-satunya perusahaan elektronik lokal yang menghasilkan produk berkualitas tinggi dan bisa dibilang paling sukses bersaing dengan banyaknya kompetitor dari luar negeri.

TARGET MARKET
Polytron memiliki banyak jenis barang elektronik, hal ini bertujuan untuk menguasai lini perdagangan elektronik khususnya di area ekonomi menengah, targetnya adalah kalangan ekonomi menengah.

Polytron Brand Positioning during early launch
Why?
Polytron adalah barang elektronik murah berkualitas , design menarik, serta teknologi yang hemat energi listrik.
For Whom?
-          Masyarakat ekonomi menengah.
-          Masyarakat yang masih menganggap bahwa barang elektronik yang berkualitas baik hanya berasal dari Jepang.
What?
Polytron menawarkan solusi atas permasalahan krisis energi dan tingginya biaya listrik dengan memproduksi teknologi hemat energi.
Against whoam
LG, Sharp, Panasonic, Samsung.
Polytron Repositioning
Why?
Celebrity endorsement
      Polytron saat launching produk terbaru yaitu Polytron DVD, ia memakai Celebrity endorsement atau brand ambassador Ivan Gunawan dan menggunakan sebagai model iklan produk tersebut.
For Whom?
-          Masyarakat ekonomi menengah.

What?
Polytron menawarkan solusi atas permasalahan krisis energi dan tingginya biaya listrik dengan memproduksi teknologi hemat energi.

Against whoam
LG, Sharp, Panasonic, Samsung.


Polytron Brand Positioning
Dari positioning awal sampai ke repositioning sudah jelas membuktikan bahwa brand positioning dari Polytron adalah
-          Hemat energi
-          Murah berkualitas
-          Design canggih







TOSHIBA
Brief Background
Toshibasebagai brand ternama dunia yang berasal dari Jepang yang memproduksi dan memasarkan berbagai peralatan listrik dan produk elektronik yang canggih. Toshiba dinilai sebagai perusahaan no 7 dunia untuk produsen terintegrasi untuk peralatan listrik, elektronik dan sebagai pembuat chip. Toshiba Semikonduktor termasuk 20 besar pemimpin penjualan semikonduktor di dunia. Maka dari itu masyarakat Indonesia beranganggapan bahwa dewa produk elektronik berasal dari Jepang, itu sebabnya Toshiba ada di pasar Indonesia dan produknya banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena kecanggihan produk Toshiba dan kualitasnya yang baik.

SEJARAH
Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf didepan dari masing-masing perusahaan “TO” dan “SHIBa” maka lahirlah merek Toshiba. Pada tahun 1984 perusahaan itu resmi berubah menjadi Toshiba Corporation. Grup ini makin kuat melalui pertumbuhan internal dan melalui akuisisi perusahaan rekayasa alat berat dan perusahaan industri primer pada 1940-an dan 1950-an. Kemudian pada 1970-an dan seterusnya, anak perusahaan mulai didirikan, yaitu: grup Toshiba Lighting & Teknologi (1989), Toshiba Carrier Corporation (1999), Toshiba Elevator & Building System Corp (2001), Toshiba Solutions Corp (2003), Toshiba Medical Systems Corp (2003) dan Toshiba Materials Co Ltd (2003).

Toshiba Corporation adalah salah satu perusahaan diversifikasi produsen dan pemasar produk digital, perangkat elektronik dan komponen, sistem infrastruktur sosial dan Home appliances. Sebagai pendiri dan inovator terkemuka dalam komputasi portabel dan produk-produk jaringan, Toshiba mulai memasarkan notebook, PC, dan PC server untuk rumah, kantor dan pengguna mobile. Toshiba Qosmio Notebook PC memimpin jalan dalam konvergensi komputasi dan kemampuan, menawarkan konsumen yang lengkap solusi hiburan pribadi. Sementara itu, seri “Tipis dan Ringan” membawa tingkat mobilitas tinggi dan daya tahan untuk notebook PC untuk penggunaan bisnis di era ini.

Toshiba memproduksi semua jenis laptop, dari model Libretto yang lucu dan ultra portabel sampai model multimedia Qosmio keren. Laptop Toshiba juga populer di Amerika dan Eropa. Apakah pengguna mencari pengganti desktop, laptop untuk mahasiswa atau laptop untuk game, akan ada sesuatu yang cocok bagi mereka di antara rangkaian yang tak terhitung jumlahnya seperti notebook Toshiba Libretto, Portege, Qosmio, Satellite dan Portege.

Building the brand essence
1875
Hisashige Tanaka opened a telegraph equipment factory in Shimbashi, Tokyo.
Kurume board of education
1890
Ichisuke Fujioka and Shoichi Miyoshi established Hakunetsu-sha & Co., Ltd. in Kyobashi, Tokyo. Manufactured Japan's first electric incandescent light bulbs.
1894
Produced Japan's first waterwheel power generators (60 kW).
Manufactured Japan's first electric fans.
1895
Produced Japan's first induction motors.
1915
Manufactured Japan's first X-ray tubes.
1919
Produced Japan's first radio transmission tubes.
1921
Invented the "double coil electric bulb," one of the six great inventions in bulb technology.
1924
Started trial manufacture of cathode-ray tubes.
Manufactured Japan's first radio receivers.
1930
Manufactured Japan's first electric washing machines and refrigerators.
1931
Released Japan's first vacuum cleaners.
1936
Completed Japan's first 150kilowatt broadcast transmitter for NHK.
1939
Tokyo Electric Company merged with Shibaura Engineering Works Co., Ltd. and established Tokyo Shibaura Electric Co., Ltd.
1940
Manufactured Japan's first fluorescent lamps.
1942
Completed Japan's first radars.
1949
Completed Japan's first 1,500A-1,000kilowatt unipolar mercury rectifiers.
1952
Completed Japan's first TV broadcast transmitters and TV microwave relay system.
1953
Manufactured Japan's first 72,500 kVA umbrella type waterwheel generators.
1955
Released Japan's first electric rice cookers.
1957
Completed aurora radars for Antarctic observation and radars to observe scattering phenomena
1959
Developed Japan's first transistorized televisions
Developed Japan's first microwave ovens.
1963
Completed Japan's first 12,500kW nuclear power turbine generators.
Developed transmitters for satellite communications.
1964
Completed one of the world's largest centralized remote-control monitoring systems at electricity substations for Tokaido Shinkansen bullet trains.
1967
Completed the world's first automatic zip code reader.
1968
Developed a 100,000 gauss superconducting magnet, the most powerful in Japan.
1970
Developed the world's first color video phone.
1971
Released the world's first expanded IC color TV.
1972
Completed Japan's first 700,000kilowatt turbine generator.
Released the world's first color TV with black stripe-type cathode-ray tubes.
1975
Celebrated 100th anniversary.
Completed 1-million kilowatt turbine generator, the largest in Japan.
1978
Launched medium-sized experimental broadcast satellite, Yuri.
Released the first Japanese word processor.
1979
Completed world's first optical-disc based data filing systems.
1982
Developed Japan's first Magnetic Resonance Imaging systems (MRI).
1983
Commercialized the world's first OCR technology able to read Chinese characters.
1984
Completed new head office Toshiba Building.
Started operation of experimental 50kilowatt fuel cell power plant, the largest in Japan.
1985
Developed Japan's first transceiver device for HDTV systems.
Developed 1-megabit CMOS DRAM.
Developed superconducting MRI systems.
Introduced world's first laptop personal computers.
1986
Developed 4-megabit dynamic RAM.
1988
Developed 16-megabit dynamic RAM.
1989
Introduced notebook personal computer, Dynabook.
1991
Developed the world's first 4-megabit NAND-type Electrically Erasable and Programmable Read-only Memory (EEPROM).
1992
Developed the world's first 16-megabit NAND-type EEPROM.
Developed technology to turn chlorine-based plastics into fuel oil.
1993
Produced prototype product of the world's smallest MOS transistor, with a gate length of 0.04 microns.
1994
Introduced the sub-notebook personal computer, Dynabook SS.
1995
Began commercial production of Microfilter Cathode-ray tubes, the world's first CRT with a filter incorporating the three primary colors.
Developed high-density optical disc, DVD.
DVD standardized
1996
Introduced the mini-notebook personal computer, Libretto.
Introduced DVD video players and DVD-ROM drives.
Commercialized DVD player in Japan.
1997
Introduced pocket size mobile communicator with build-in PHS, GENIO
1998
Manufactured flat TV, FACE.
Developed the world's first MPEG 4 graphical data compression and expansion LSI.
1999
Introduced in-house company system.
Launched the world's quietest MRI.
Spun off Air Conditioning Equipment Division to a joint venture company with Carrier, Toshiba Carrier Corporation.

2000
Celebrated 125th anniversary.
Manufactured BS digital TVs.
2001
Commercialized the world's first HDD & DVD video recorder.
2002
Developed the world's first networked home appliances.
Developed the world's first 65-nanometer (nm) CMOS process technology for embedded DRAM system LSIs.
2003
Introduced a 2-gigabit (Gb) single-die NAND flash memory.
Introduced to Japan a high-definition TV upgradable to receive terrestrial digital broadcasts.
Adopted the "Company with Commitees" system.
2004
Joined United Nation's Global Compact.
Introduced a 4-gigabit (Gb) single-die NAND flash memory.
Developed the world's smallest direct methanol fuel cells (DMFC) with energy output of 100 mW.
Developed SED (Surface-conduction Electron-emitter Display), the next-generation flat panel display, with Canon Inc.
2005
Developed 8-gigabit NAND flash memory chip, using 70nm process technology, with SanDisk.
Announced details of Cell Broadband Engine™, co-developed with IBM, Sony Corporation, and Sony Computer Entertainment Inc.
2006
Announced the world's first HD DVD players and recorders, and AV notebook PC with HD DVD drive.
Acquired Westinghouse's nuclear power business.
2007
Developed 320-slice Dynamic Volume CT system that can capture complete images of the heart or brain in only one rotation.
Achieved cumulative sales of 60 million notebook PCs.
2008
Power plant monitoring and control systems inducted into Carnegie Mellon University's Software Hall of Fame.
2009
Released the CELL REGZA 55X1, the world's first LCD TV integrating the Cell Broadband EngineTM.

Profil
Daftar Produk
Regza LCD, Regza LED, DVD, Audio Player, Leptop, PC.
Tagline
Pada tahun 2006 Toshiba memiliki tagline yaitu TOSHIBA Leading Innovation" mewujudkan identitas maksud dan fundamental dari merek Toshiba, termasuk tekad untuk memberikan hal-hal baru dan nilai kepada pelanggan dan masyarakat. Tagline tersebut  akan muncul dengan logo Toshiba di iklan.
Pada awal tahun 2011 Toshiba melakukan penyegaran dengan memperkenalkan tagline atau pesan kampanye terbarunya. "A Part of You". Pengenalan tersebut diselenggarakan seiring dengan peluncuran produk televisi terbaru Toshiba Power TV. "Pesan kampanye ini dipilih karena Toshiba yang dikenal dengan inovasinya ingin menjadi bagian dari kehidupan konsumen”.

Target Market
Yang kita ketahui disini, brand Toshiba sudah banyak dikenal oleh masyarakat di berbagai mancanegara sebagai produk elektronik berteknologi canggih yang berkualitas tinggi. Oleh sebab itu brand tersebut juga menyesuaikan target market yang mereka tuju. Target market Toshiba adalah masyarakat ekonomi menengah keatas.

Toshiba Brand Positioning during early launch
Why?
-          Toshiba adalah brand dari barang – barang elektronik yang berkualitas tinggi, performa yang bagus, serta teknologi yang memiliki fitur-fitur yang canggih dan selalu memberikan inovasi yang terbaik.
-          Ambassador in Indonesia Luna maya.

For Whoam?
Masyarakat ekonomi kelas menegah keatas
What?
Toshiba menawarkan sebuah inovasi – inovasi terbaik dan tercanggih di setiap produknya yang high perform, high quality dan hemat energi.
Against whoam?
Sony, Asus, Acer, Sharp, Samsung, LG, Polytron.

Toshiba Repositioning
Why?
-          Toshiba adalah brand dari barang – barang elektronik yang berkualitas tinggi, performa yang bagus, serta teknologi yang memiliki fitur-fitur yang canggih dan selalu memberikan inovasi yang terbaik.
-          New Ambassador in Indonesia Carissa dipilih sebab citra dirinya dianggap sesuai dengan pesan kampanye Toshiba saat ini. Daya tarik unik dan citra positif Carissa merupakan padanan sempurna dengan produk-produk Toshiba yang tidak saja inovatif, tetapi juga memberikan daya tarik yang dekat di hati para konsumennya.
For Whoam?
Masyarakat ekonomi kelas menegah keatas yang ingin selalu update dengan inovasi teknologi.
What?
Toshiba menawarkan sebuah inovasi – inovasi terbaik dan tercanggih di setiap produknya yang high perform, high quality dan hemat energi.
Against whoam?
Sony, Asus, Acer, Sharp, Samsung, LG, Polytron.

Toshiba Brand Positioning
Dari positioning awal hingga ke repositioning sudah jelas membuktikan bahwa brand positioning dari Toshiba adalah
-          Berkualitas
-          Hemat Energi
-          High Perform
-          Good Innovation

2 komentar: